Rabu, 09 September 2009

BUDAYA BERSIH DESA LANDUNGSARI

LANDUNGSARI - Acara tradisional “bersih desa” hari Minggu pagi 26 Juli 2009 kembali digelar oleh masyarakat Dusun Klandungan Desa Landungsari. Acara yang bertajuk syukuran merupakan kegiatan rutin setiap tahun dimulai pukul 06.00 dengan melaksanakan doa bersama di Makam Mbah Gedhe Ndokowono.

Menurut Kepala Dusun Klandungan Bapak Jamanhudi kegiatan ini bertujuan “ngeluri leluhur sing babad alas tanah Klandungan”. Selain itu sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah dan rahmat-Nya yang selama ini diberikan kepada masyarakat Klandungan. Lebih lanjut Kasun Klandungan mengatakan sebagai wujud syukur tersebut akan merehab pendopo makam yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan puasa yang akan datang.

Di sisi lain acara “kirap opak” yang dikoordinir oleh ketua RW 7, 8, dan 9 membuat suasana menjadi meriah terlebih pada saat “ rebutan opak” yang dipusatkan di balai dusun Klandungan.
Menurut Kepala Desa Landungsari Bapak H. Achmad Danu “opak” yang berupa aneka lauk-pauk, kue dan hiasan lain yang dirangkai pada iratan bambu yang beraneka warna, memiliki makna bahwa masyarakat Dusun Klandungan bersifat heterogen, agama, suku, budaya, dan profesi dapat hidup rukun damai dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan.
Acara yang dihadiri oleh sesepuh, sinisepuh, tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat ini diakhiri dengan menampilkan kesenian reog dari kelompok kesenian masyarakat Klandungan hingga malam.



SILATURRAHIM dengan Wakil Bupati Malang

Landungsari - Kehadiran Wakil Bupati Malang Drs. H. Rendra Kresna, SH.,MM, MPM., MAP. di Aula Kantor Desa Landungsari Minggu 26 Juli 2009 pukul 19.00 membuat catatan tersendiri bagi Desa Landungsari. Kehadiran orang nomor 2 di Kabupaten Malang ini bertujuan silaturahim dengan masyarakat Landungsari yang notabene sebagai calon desa percontohan tahun 2010.
Acara yang juga dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Dau ini membahas berbagai permasalahan yang ada di Desa Landungsari. Masalah administrasi, pendidikan, kepemudaan dan pembagunan yang sudah dan akan dilaksanakan dan lainnya menjadi topik pembahasan. Permasalahan ini disampaikan oleh perwakilan-perwakilan dari BPD, LPMD, BUMDES dan organisasi lainnya.
“Dalam mengatasi keterbatasan anggaran, pemerintah Kabupaten Malang melaksanakan strategi kemitraan” demikian disampaikan Wakil Bupati Malang pada acara sambutannya. Peran serta masyarakat bersama-sama dengan pemerintah diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang ‘gemah ripah loh jinawe toto tentrem kerto raharjo’. Lebih lanjut beliau memberikan contoh kendala kelas jalan yang ada di desa yaitu kelas III yang hanya mampu terbebani maksimal 3 ton harus dilalui oleh kendaraan-kendaraan yang lebih berat sehingga berakibat rusaknya jalan yang sudah dibangun. Di bidang pendidikan pada tahun ajaran 2008/2009 Kabupaten Malang dapat meraih prestasi yang luar biasa dengan prosentase lebih dari 90% siswa lulus dari masing-masing satuan pendidikan melebihi Pemkot Malang dan Pemkot Batu dalam wilayah Malang Raya.
Hal ini membuat kebanggaan tersendiri meskipun di sisi lain sarana dan prasarana pendidikan belum tercapai sebagaimana yang diharapkan. Sebagai rencana ke depan perlu adanya SMA Negeri yang berada di Kecamatan Dau sehingga siswa tidak perlu lagi sekolah ke luar dari daerah.
Dalam menanggapi BUMDES permasalahan berdirinya pasar desa beliau menyarankan perlu adanya kejelasan administrasi yang berkenaan perjanjian kerjasama jangan sampai dapat disalah gunakan sehingga dapat merugikan pemerintahan desa.
Di bidang pembinaan kepemudaan terutama masalah narkoba perlu perhatian khusus dan serius, mengingat Landungsari setiap tahunnya banyak para pendatang terutama mahasiswa yang mempunyai pengaruh besar terhadap sikap dan perilaku generasi muda. Melalui LPMD dan Karang Taruna diharapkan adanya kegiatan yang positif berkaitan dengan kepemudaan, misalnya pembinaan melalui seminar anti narkoba.

Yang lebih menarik pada acara tersebut adalah dengan diresmikannya website Desa Landungsari yang dilakukan Wakil Bupati Malang dengan membuka Website www.landungsarimlg.blogspot secara online. Website ini merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintahan Desa Landungsari dalam melayani masyarakat di bidang informasi dan komunikasi.

Komentar :

ada 0 komentar ke “BUDAYA BERSIH DESA LANDUNGSARI”

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar disini, tapi harap yang membangun

 

© Powered by Desa Landungsari | Kecamatan Dau | Kabupaten Malang.